Ada

Sunday, November 13, 2011

Charlie Chaplin, Sang Legenda Komedian

Hollywood pernah memiliki komedian besar dan pernah merajai dunia layar perak.Ya, Charlie Chaplin namanya, sang pelawak yang menghiasi bioskop dunia di zaman film 'bisu' dan hitam putih. 
Chalie Chaplin selain komedian slaptik yang mengocok tawa penonton, juga merupakan tokoh inspirasi pantomim. Bahkan, Charlie pernah berkunjung ke Prambanan, Yogyakarta untuk menghibur masyarakat di sana. Mari kita simak riwayat Charlie Chaplin.
Riwayat Singkat 
Charlie Chaplin lahir di Walworth, London, Inggris pada 16 April 1889. Ayahnya, Charles Chaplin Senior pendatang dari Roma dan ibu kandungnya Hannah. Charli kecil dibesarkan di lingkungan seniman sebab kedua orangtuanya merupakan seniman panggung hiburan di London.  
Saat Charlie berumur 12 tahun, bapaknya meninggal dunia dan Charlie bersama saudaranya lantas diasuh oleh ibunya. Tapi sayang karena himpitan ekonomi yang begitu berat, menyebabkan ibu kandungan mengalami gangguan jiwa, dan harus dirawat di rumah sakit jiwa.   Nasib malang menimpa Chalie yang terpaksa dititipkan di panti asuhan di Lambeth, London.   
Charlie bersama kakak kandungnya selama di penampungan sempat mengenyam pendidikan yang diselenggarakan oleh yayasan anak terlantar yakni Central London District School.  


Awal Terjun ke Panggung Hiburan 
Dengan latar kehidupan yang susah sejak ditinggal orangtuannya, Charlie bersama kakak-kakaknya berusaha mencari makan lewat pertunjukan komedi di music hall. Dari keterpaksaan inilah talenta alaminya diasah. 
Sebenarnya pengalaman pentas pertama Charlie Chaplin ketika dia berusia 5 tahun. Pada waktu itu dia terpaksa menggantikan jadwal manggung ibunya, karena Hannah sedang sakit keras. Maka dia terpaksa pentas di panggung yang rata-rata ditonton oleh para pemabuk. Sungguh berat beban mental Chalie pada malam pentas pertama itu.
Pentas pertamanya dikatakan tak begitu sukses. Semenjak itulah Chalie sering tampil di panggung hiburan sebagai pemain bayaran. Dia membantu The Eight Lancashire Lads, kelompok penari lokal di London. Ketika tahun 1903, dia tampil sebagai aktor pelengkap pada drama A Romance of Cockayne.



Terjun ke Hollywood
Di London, dia memiliki banyak pengalaman pentas komedian. Pada 1910, Chalie Chaplin bersama saudaranya mendapatkan tawaran pentas keliling di Amerika. Selama dua tahun Chalie Chaplin menghibur masyarakat Amerika dengan pentas keliling dari panggung  ke panggung. 
Pada 1914, Charlie Chaplin mulai membintangi film bisu. Jenis komedi slaptik film pertamanya adalah Making a Living. Dalam film bisu dia memerankan Tramp, yang berpenampilan kumis ala hitler dan celana kedodoran. Kelak karakter Tramp menjadi trade mark nya Charlie Chaplin. Di tahun yang sama film keduanya dirilis, berjudul Kid Auto Races at Venice.
Dalam sejarah, Charlie Chaplin membintangi hampir 100 judul film. Charlie Chaplin pun melejit menjadi legenda komedian slaptik yang menjadi inspirasi film komedi Hollywood.


Sang Legenda Komedi Itu Wafat 
Pada 1977 Sang legenda komedian, Charlie Chaplin meninggal dunia pada usia 88 tahun di Swiss. Dia wafat bertepatan dangan hari Natal. Dia dimakamkan di tepi danau Jenewa. 


View the original article here

No comments:

Chitika

Latest Movie

Popular Posts